Blogger Widgets

Rabu, 13 Agustus 2014

Tanah kelahiran ;)

(: Kota Gresik :)


Dusun Petiyin, kelurahan Wadeng, kecamatan Sidayu, kabupaten Gresik, di daerah inilah saya dilahir kan. Diaerah saya hampir banyak penduduk berprofesi seagai petani,pedagang, dan nelayan. Pada bidang pertanian mereka mengelolah lahan kering dan basah.tanah  kering ditanami tanaman semacam :Tebu,Singkong, Sedangkan pada lahan basah ditanami tanaman semacam :Padi, jagung, dll. Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupten gresik ini sering dikenal dengan sebutan kota pudak karena hanya dikota gresiklah jajanan pudak ini diproduksi dan hampir diberbagai sudut kota gresik terdapat pedagang yang menjual pudak. selain pudak, di kabupaten Gresik juga akan menemui banyak Otak-otak, Nasi krawu, bonggolan ikan, kare ayam dan jubung.




ke enam makanan ini telah melekat dengan kabupaten  Gresik. 
 Tidak hanya makanan khas, di kabupate Gresik juga terdapat beberapa tempat wisata alam seperti  Air Panas Kepuh di Pulau Bawean, Air Terjun Laccar di Pulau Bawean, Danau Kastoba di Pulau Bawean dan pantai delgan. Kabupaten Gresik juga menjadi salah satu tujuan wisata reliji, terutama para peziarah dari dalam dan luar kabupaten  Gresik yaitu Sunan Giri,sunan Maulana malik ibrahim, dan makam kanjeng sepuh yang berada dikecamatan sidayu.
Kabupaten gresik sendiri juga memiliki kebudayaan dan cirikhas yang unik. Kebudayaan itu adalah pertama,malam selawe Malam Selawe menjadi sebuah tradisi khas bulan ramadhan di kabupaten  Gresik yang diadakan di makam sunan giri. Kedua,Pasar Bandeng yang diadakan dua hari sebelum Hari Raya Lebaran atau malam 29 ramadhan. Ketiga,Kolak Ayam yang merupakan menu buka puasa yang menjadi f avorit warga Gumeno setiap malam 23 pada bulan ramadhan. Dan cirikhas dari kabupaten Gresik itu sendir adalah cangruk, Kalau diamati diseputar kabupaten Gresik ada kurang lebih 200-an warung kopi yang menawarkan tempat untuk cangkru’an. 





0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates